Bingung Tentang Apa Itu Hosting? Simak di Sini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Hosting

Penjelasan Lengkap dan Detail Tentang Apa Itu Hosting

Hosting memiliki nama lain yaitu web hosting atau sewa hosting. Lalu, apa yang dimaksud itu hosting? Hosting adalah sebuah tempat yang kita sewa untuk menampung berbagai data yang diperlukan pada sebuah website, sehingga website tersebut bisa diakses melalui internet. Data yang dimaksud bisa berupa file, gambar, aplikasi dan lainnya.

hosting untuk menyimpan file

Jika kita ibaratkan, hosting ini adalah sebidang tanah. Semakin luas tanah yang kita miliki, tentu kita akan lebih leluasa dalam mendirikan sebuah bangunan. Sementara website bisa kita ibaratkan sebagai bangunannya, dimana kita bebas untuk membuatnya seperti apa, mau itu jenis bangunan yang melebar, miring dan lainnya.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa menggunakannya? Tentu dengan menyewanya pada layanan hosting terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencari penyedia layanan hosting di internet atau di tempat sekitar Anda.

Perlu Anda ketahui, hosting ini berbeda dengan domain. Terkadang beberapa kalangan ada yang tertukar atau bahkan ada yang beranggapan kalau keduanya sama. Jika hosting adalah sebuah tanah, kemudian telah dibangun sebuah bangunan, maka domain ini adalah alamatnya.

Mengenal Apa Itu Shared Hosting

Gambaran di atas cukup menjelaskan tentang apa itu hosting, dan selanjutnya akan kami bahas tentang apa itu shared hosting. Shared hosting merupakan jenis hosting yang bisa kita temukan hampir di semua layanan hosting saat ini. Shared hosting bisa digunakan oleh banyak pengguna, artinya setiap pengguna bisa menggunakannya bersama-sama.

Shared Hosting

Harganya terbilang cukup murah. Tapi, karena layanan ini digunakan oleh banyak user, maka resource yang tersedia biasanya dibatasi. Pembatasan dilakukan baik dari segi penyimpanan, bandwidth dan lainnya. Untuk kelebihan lainnya, simak penjelasan di bawah ini:

  1. Menyediakan jenis paket berbeda berdasarkan resource yang tersedia. Hal ini memungkinkan user untuk melakukan upgrade pada paket ke level yang lebih tinggi.
  2. Harga terjangkau
  3. Hampir semua layanan telah memiliki fitur kontrol seperti cPanel, sehingga para webmaser dapat dengan mudah mengelolanya.
  4. Layanan hosting menyediakan sistem maintenance, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya sendiri.

Lalu, siapa yang cocok menggunakan shared hosting? Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin coba mengikuti cara buat blog dengan dana terbatas. Ketika werbsite Anda sudah mencapai limit yang telah ditetapkan, Anda bisa melakukan upgrade dengan mudah.

Di sisi lain kelebihannya, layanan ini ternyata memiliki kekurangan. Layanan ini memiliki waktu loading website yang terbilang lama. Tapi, jika Anda mahir Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa trik yang ampuh.

Mengenal Apa Itu VPS Hosting

Apa itu hosting VPS? Sama halnya dengan shared hosting, VPS hosting ini merupakan jenis hosting yang cocok untuk pengunjung website yang banyak. VPS adalah sebuah teknologi virtualisasi. Artinya, kita dapat memiliki hosting layaknya dalam satu perangkat pribadi dan tidak dibagi-bagi pada user lain seperti shared hosting.

VPS Hosting

VPS sendiri merupakan kependekan dari Virtual Private Server. Umumnya, layanan ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, tapi user akan merasa puas dengan kapasitas CPU maupun RAM yang sesuai dengan kebutuhan.

Layanan Free Hosting

Yang gratisan biasanya paling banyak dicari untuk menghemat pengeluaran. Free hosting adalah layanan hosting tidak berbayar untuk yang memiliki dana terbatas. Tapi, Anda harus paham terlebih dahulu, bahwa semua produk maupun layanan yang gratis, tentu ada kelemahan besar di baliknya. Kelemahan pada layanan hosting gratis ini biasanya terletak pada fiturnya.

Cloud Based Web Hosting

Apa itu hosting cloud? Hosting ini memiliki konsep teknologi “awan”. Prinsip awan ini artinya ialah, dari awan-awan kecil, kemudian terkumpul menjadi suatu kesatuan yang kuat. Yang dimaksud awan di sini ialah sebuah server individu. Jika telah terkumpul, maka bisa disebut sebagai cloud based web hosting.

Cloud Based Web Hosting

Layanan hosting ini memiliki kelebihan yang unggul dibandingkan dengan lainnya. Salah satunya adalah dalam masalah traffic. Jika website Anda mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak, maka layanan hosting ini akan tetap bertahan (tidak mudah down) seperti beberapa jenis layanan hosting lainnya.

Layanan Dedicated Web Hosting

Sebelum Anda mengetahui cara bikin website sendiri, mengenal layanan web hosting adalah pengetahuan dasar yang harus dipelajari. Nah, salah satunya adalah dengan mengenal jenis-jenis hosting, seperti dedicated web hosting ini.

Dedicated web hosting adalah jenis hosting yang memiliki kinerja sangat baik. Memilih layanan ini, sama halnya Anda menyewa satu server fisik pada perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Layanan hosting ini sangat cocok untuk pemilik website-website besar yang memiliki pengunjung dalam jumlah yang fantastis.

Layanan Web Hosting

Cara Memilih Layanan Web Hosting Berkualitas

Setelah mengenal apa itu hosting, dan Anda berencana untuk mendaftarnya, mulailah dengan memilih layanan yang tepat. Bagi sebagian orang, memilih layanan web hosting terbaik tentu akan sulit dilakukan karena minimnya pengalaman. Tapi, sebelum Anda menyewa layanan hosting, alangkah baiknya Anda bertanya pada diri Anda sebagai berikut:

  • Jenis website apa yang akan Anda bangun?
  • Apa jenis software code yang akan dijalankan?
  • Apakah website Anda membutuhkan aplikasi Windows?
  • Apakah website hanya akan dibuat dengan WordPress saja?
  • Apakah Anda membutuhkan software tertentu untuk website yang akan dibangun?
  • Berapa kira-kira jumlah pengunjung website Anda nanti?

Untuk pemula, menjawab pertanyaan di atas tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Tapi, kami sarankan untuk memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan Anda.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang apa itu hosting dan beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan. Jika Anda membutuhkan layanannya, saat ini bisa dicari dengan mudah hanya dengan mengakses internet saja.

2019-05-24T14:36:44+07:00