KPI Penjualan Toko Online? Inilah Tips Untuk Mengetahuinya

4. KPI Penjaualan Toko Online Inilah Tips Untuk Mengetahuinya

Key Performance Indikator atau KPI penjualan merupakan kunci indikator kerja yang akan membantu anda memahami lebih lanjut tentang seberapa cepat bisnis anda berkembang, apa saja masalah yang dihadapi, bagaimana cara tepat mencapai tujuan utama bisnis. Jadi KPI ini akan menyajikan data yang cukup banyak berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Dari data tersebut ada beberapa data yang memang harus diprioritaskan agar bisnis bisa berkembang sesuai dengan keinginan anda. Nah untuk memilih dan mengetahui KPI yang biasanya cukup memusingkan dan banyak pebisnis yang gagal mengidentifikasinya. Agar tidak pusing lagi, cara dan tips melakuka KPI Penjualan Toko Online berikut mungkin dapat membantu anda.

Keuntungan Menggunakan KPI Penjualan

Sebelum membahas tentang tips mengetahui KPI, ada baiknya anda mengetahui tentang keuntungannya terlebih dahulu. Keuntungannya antara lain yaitu

1. Bagi solo enterpreneur

Bagi yang mencoba bisnis sendiri, anda pasti dihadapkan dengan banyak pekerjaan yang berbeda yang berhubungan dengan bisnis anda, mulai dari akutansi, pengembangan produk, pemasaran produk, dan lain sebagainya. Saking banyak yang harus dikerjakan, anda menjadi tidak fokus dan mungkin hal ini dapat menghambat bisnis anda. Dengan adanya KPI, anda bisa tetap pada jalur, anda bisa mengetahui hal penting yang perlu diprioritaskan dalam bisnis sehingga bisnis anda bisa berkembang.

2. Bagi bisnis yang sudah memiliki karyawan

Bagi anda yang sudah memiliki karyawan dalam bisnis anda, KPI penjualan ini bisa digunakan untuk mengatur kinerja karyawan menjadi lebih efektif. Adanya KPI bisa membuat adanya target-target tertentu yang berhubungan dengan produksi, penjulan, pemasaran, dan hal lain yang berkaitan dengan bisnis. Sehingga anda bisa mengukur kinerja karyawan dengan lebih obyektif.

Misalnya begini menurut KPI penjualan bulan ini harus 300 tapi ternyata karyawan anda tidak bisa memenuhinya maka anda bisa menilai kinerja karyawan tersebut dan bisa juga membuat strategi baru agar penjualan bisa sesuai yang telah ditargetkan.

Cara Menentukan KPI pada Penjualan yang Efektif

Setelah mengetahui manfaat KPI, anda pasti tertarik untuk menentukan KPI bisnis anda. Namun ternyata tidak mudah karena memang banyaknya faktor yang berpengaruh jadi anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

1. Mengidentifikasi hal penting dalam bisnis toko online anda
Banyak orang yang mengumpulkan banyak data, baru menganalisis mana yang paling penting. Hal ini sebenarnya kurang efektif karena bisa menyita banyak waktu. Maka dari itu sebaiknya anda mengidentifikasi dahulu hal yang sekiranya penting bagi bisnis baru kemudian mengumpulkan datanya. Jadi usahakan anda mengumpulkan dan melacak data yang penting saja.

2. Memilih KPI yang selaras dengan tujuan dan strategi
Selanjutnya adalah memilih KPI penjualan yang sesuai dengan tujuan strategi anda. Anda pasti memiliki daftar yang jelas tentang tujuan strategi anda. Dengan daftar tersebut anda bisa menemukan banyak hal penting dan hal tersebut bisa untuk mengembangkan KPI.

3. Membuat KPI efektif
Setelah menemukan hal yang penting, kini saatnya mulai membuat KPI yang efektif. KPI yang efektif biasanya ditandai dengan tujuan yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time bound). Jadi KPI yang dibuat harus spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat dengan waktu. Jangan membuat KPI yang asal-asalan tanpa memperhatikan kenyataan yang ada.

4. Menentukan parameter
Ada baiknya juga jika menentukan parameter untuk setiap KPI. Jadi tiap KPI sebisa mungkin digambarkan dengan angka minimal yang spesifik, yang bisa dijadikan tolak ukur dan parameter.

Penting sekali dalam memahami tentang kpi pada bisnis agar berjalan dengan seimbang. Maka dari itulah anda harus tahu tentang cara mengetahui atau menentukan KPI penjualan yang bisa bermanfaat bagi anda.

2019-07-04T14:19:28+07:00