Tips Memilih Web Hosting Berkualitas Untuk Website Anda

Memilih web hosting

Periksa Beberapa Hal Ini Sebelum Anda Memilih Web Hosting

Hosting merupakan peyewaan tempat untuk menampung data yang diperlukan sebuah website agar bisa diakses melalui internet. Web hosting memiliki pengaruh yang cukup besar bagi bisnis online. Ibarat sebuah mall yang menyewakan toko, web hosting menjadi rumah untuk web dan menampung data-data berupa gambar, video, script, email, database dan aplikasi. Jika berminat menyewanya untuk mengembangkan bisnis online Anda,  Periksa beberapa hal ini sebelum anda memutuskanya.

4 jenis macam web hosting yang bisa Anda gunakan

Hosting menjadi tempat penyewaan yang menyediakan sumber daya berupa server yang memungkinkan perorangan maupun kelompok menempatkan informasi di internet seperti FTP, HTTP, DNS dan EMAIL.

  1. Shared hosting, merupakan pilihan yang paling ekonomis dengan biaya terjangkau. Seperti namanya, shared hosting menjadi rumah untuk beberapa situs secara sekaligus dengan satu buah server yang terhubung ke internet. Pada intinya antara satu situs dengan situs lainnya berbagi untuk menggunakan hosting yang sama. Shared hosting biasanya ditawarkan dengan harga yang paling murah dibanding lainnya.
  2. VPS (Virtual Private Server), merupakan mesin virtual yang dijual untuk layanan tertentu oleh internet service. VPS menjalankan salinan sendiri dari sistem operasi, para pelanggan pun memiliki akses super user menuju sistem operasi. Pelanggan dapat menginstal hampir seluruh perangkat lunak yang berjalan pada sistem operasi tersebut. VPS dapat digunakan untuk berbagai tujuan secara fungsional dengan server fisik. Hal ini membuatnya dapat dikonfigurasikan dan dibuat dengan mudah. Kinerjanya akan bergantung pada beban kerja yang diberikan karena berasal dari server fisik yang sama. Untuk masalah harga , harga VPS akan jauh lebih terjangkau dari server fisik yang ada.
  3. Cloud hosting, merupakan hosting yang memberikan kemampuan tidak terbatas pada user untuk menangani tingginya traffic. Saat satu tim dari server bekerjasama untuk menjadi host dari beberapa website, beberapa komputer pun dapat ikut bekerjasama untuk menangani traffic yang tinggi dari masing-masing situs web.
  4. Dedicated hosting, klien dapat menyewa seluruh server tanpa membaginya dengan orang lain. Hal ini membuat klien memiliki kontrol penuh pada server termasuk pilihan hardware, sistem operasi dan lain-lain. Menggunakan dedicated hosting akan jauh lebih fleksibel dibanding menggunakan shared hosting.

Melalui hosting, peluang memperbesar bisnis menjadi terbuka lebar. Terutama jika Anda menggunakan hosting unlimited. Akan semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan memilikinya. Anda dapat leluasa mengatur file apa saja yang ingin dibagikan dengan kapasitas penyimpanan data cukup besar di internet. Tidak perlu lagi menunggu untuk upload agar dapat share data di internet, dengan memilikinya Anda hanya perlu memasukkan data dan data tersebut dapat ter-upload dengan sendirinya ke internet. Dan yang terpenting, bisnis online yang Anda bangun akan lebih mudah dikelola dan dikonfigurasikan dengan memiliki web hosting sendiri. Jika dulunya Anda hanya menggunakan sosial media sebagai lapak jualan online, Anda akan mendapatkan mangsa pasar yang lebih besar dengan beralih membuat toko online yang didukung dengan web hosting.

Memilih web hosting berkualitas

Tertarik untuk menggunakan web hosting? Sebagai pengguna baru tentu Anda harus lebih teliti dan tidak asal  memilih web hosting. Periksa dulu beberapa hal berikut, sebelum memutuskan untuk memilih menyewa web hosting menggunakan jasa sebuah web hosting.

  1. Reputasi
    Hal pertama yang harus Anda periksa dari penyedia jasa web hosting adalah reputasi. Lakukan penelusuran melalui beberapa forum maupun blog untuk memastikan reputasi yang dimiliki. Apakah penyedia hosting memiliki kantor fisik? Seberapa banyak pengalaman yang dimiliki? Apakah penyedia hosting memiliki portofolio dengan pelanggan yang merasa puas? Telusuri ketiga hal ini untuk dapat menyimpulkan reputasi penyedia web hosting yang akan digunakan.
  2. Usability
    Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk memeriksa usability layanan hosting jika baru pertama kali mengenal web hosting dan tidak memahami coding ataupun hal teknis lainnya. Jika memungkinkan, Anda bisa meminta demo untuk cPanel hosting agar bisa memahami bagaimana kemudahan mengelola website. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti pengaturan email, menginstal WordPress, manajemen data dan lain sebagainya. Plesk atau cPanel akan mempemudah tugas-tugas tersebut. Kustomisasi web akan jauh lebih mudah jika hosting menyediakan layanan cPanel. Keberadaan cPanel membuat Anda lebih mudah mengatur website meskipun tidak memiliki pengetahuan menganai FTP.
  3. Ruang penyimpanan
    Ruang penyimpanan website mengacu pada ruang penyimpanan yang tersedia di server hosting. Dengan demikian Anda bisa menyimpan konten berupa gambar, video, basis data, file dan berbagai konten lainnya di domain website. Beberapa provider akan menawarkan ruang penyimpanan unlimited. Namun Anda perlu hati-hati karena selalu ada batas tertentu untuk sebuah ruang penyimpanan.
  4. Lalu lintas website
    Ketika mengunjungi sebuah website, seseorang dapat melakukan aktifitas pengunduhan dan pengunggahan konten pada web tersebut. Pada saat itulah, website akan mengggunakan lalu lintas bandwidth lebih banyak. Lalu lintas yang dimiliki web mengukur aktifitas pengunduhan dan pengunggahan yang dilakukan. Semakin banyak pengunjung website maka akan semakin tinggi pula traffic yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan angka lalu lintas yang diizinkan setiap bulannya oleh provider. Jika website Anda semakin terkenal dan memiliki banyak pengunjung, lalu lintas menjadi hal yang sangat penting.
  5. Server uptime
    Hal selanjutnya yang perlu Anda pastikan adalah provider menawarkan ketersediaan server (uptime) dengan presentase 99%. Provider hosting yang baik akan menawarkan hal ini, atau mereka akan menawarkan opsi lainnya jika uptime 99% tidak tersedia. Hal ini akan menjadi sebuah komitmen yang sangat penting bagi provider.
  6. Layanan pelanggan
    Terutama bagi Anda yang tergolong pengguna baru, sangat penting untuk terus terhubung dengan provider hosting selama 24 jam. Periksa apakah provider hosting menyediakan layanan customer service yang dapat dihubungi selama 24 jam? Jika iya, tentu Anda juga perlu memastikan jika layanan customer service tersebut memang benar-benar mudah untuk dihubungi. Provider hosting berkualitas akan menyediakan layanan customer service yang mudah dijangkau secara langsung oleh pelanggan baik melalui telepon, email maupun live chat.
  7. Backup
    Sekitar 30 ribu website diretas setiap harinya oleh para peretas dan spammers. Tidak menutup kemungkinkan web Anda juga akan mengalami hal yang sama. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan provider menyediakan fitur backup reguler.

Provider website juga akan menyediakan fitur-fitur pendukung untuk memudahkan usernya dalam mengakses maupun menggunakan webstite. Fitur-fitur standar seperti CGI, PHP, SSH, FTP, Perl, Front page extensions, sub domain, email dan statistik logs sudah tentu harus dimiliki. Untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari provider hosting, Periksa beberapa hal ini sebelum anda memilih web hosting.

2019-05-22T12:14:37+07:00